#
Logo Pengadilan Agama Bukittinggi Kelas 1B

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Agama Bukittinggi Kelas 1B

Jl. Kusuma Bhakti, Gulai Bancah, Bukittinggi, Sumatera Barat, Indonesia, 26122

Telepon/Faksimili: (0752) 34659 Email: pa.bukittinggi@pta-padang.go.id

Logo Artikel

171 KETUA LANTIK LIMA HAKIM BARU PA BUKITTINGGI SEKALIGUS LEPAS ALIH TUGAS HAKIM DAN PEGAWAI

Articles

Ketua Lantik Lima Hakim Baru PA Bukittinggi sekaligus Lepas Alih Tugas Hakim dan Pegawai

Alunan pembacaan ayat suci Al-Qur’an yang dibacakan oleh Fitri, SE (eks. Qoriah tkt. Nasional) mengawali acara pelantikan para “Yang Mulia” dengan pembawa acara handal Minda Hayati, SH (Wakil Panitera PA Bukittinggi). Setelah rangkaian acara berjalan dengan sangat baik dan teratur, sampailah pada acara inti dimana Ketua (Drs. H. Sudirman, MH) langsung melantik Hakim-Hakim tersebut. Para Hakim yang akan dilantikk telah berbaris rapi lengkap dengan toga dihadapan ketua.

Setelah pelantikan selesai dilakukan, acara diskor beberapa saat oleh pembawa acara. Ketua dan para Hakim baru tersebut mengganti pakaian mereka dengan PDH seperti biasanya. Rangkaian acara ini pun berlanjut, satu persatu hakim baru ini memperkenalkan dirinya. Dengan didampingi keluarga masing-masing mulailah mereka memperkenalkan dirinya. Pada umumnya mereka sudah tidak asing lagi dengan semua yang hadir, malahan ada yang sudah pernah bertugas sebagai Hakim beberapa tahun yang lalu di PA Bukittinggi, seperti Drs. H. Martias dan Dra. Hj. Zulmiati. Semuanya merasa sangat beruntung bisa mengabdi di PA Bukittinggi, Pengadilan Agama yang berada di kota wisata, koda tujuan, kebanyakan Hakim yang  berasal di Sumatera Barat ingin mengabdi di Bukittinggi. Para Hakim baru ini tetap merasa baru, karena suasana dulu dan sekarang sudah berbeda. Mereka mengharapkan bimbingan dan arahan dari pimpinan dan koordinasi yang baik dengan sesama Hakim dan pegawai Pegadilan Agama Bukittinggi.

Dalam sambutannya, Ketua mengungkapkan rasa gembiranya dengan kembali melantik hakim baru di PA Bukittinggi ini. Pasca dilantiknya hakim-hakim ini, saat ini Hakim PA Bukittinggi telah berjumlah sebanyak sebelas orang. “ Mari kita bersama-sama bekerja dan berkarya di PA Bukittinggi, satukan hati bulatkan tekad demi mengabdi untuk Negara. Program-program yang telah berjalan selama ini bersama-sama kita mempertahankan dan program-program yang baru akan segera kita kerjakan. Tugas berat telah menunggu Bapak dan Ibuk, tetapi dengan ketulusan, keikhlasan dan keyakinan semua tidak ada yang berat, asalkan selalu bersama-sama dan selalu memupuk rasa kekeluargaan dengan tidak mengenyampingkan dedikasi, loyalitas, integritas dan rasa profesionalisme yang tinggi”, petikan penting pesan ketua dalam sambutannya. Ketua mengucapkan selamat bertugas kepada semua hakim yang baru dilantik ini sembari berharap para hakim ini memberikan sumbangsihnya secara nyata dalam memajukan PA Bukittinggi kedepan

Perpisahan/ Lepas Tugas Hakim dan Pegawai PA Bukittinggi ke tempat yang Baru.

Acara pelantikan Hakim ini, juga diselipkan acara Lepas tugas Hakim dan pegawai yang dimutasikan ke tempat yang baru. Hakim yang dimutasikan adalah Drs. H. Anhar, MHI yang akan bertugas di PA Sumber, Jawa Barat dan pegawai adalah Zulfa Ulin Nuha, S.kom mutasi ke PTA Padang, Asri , SHI bertugas sebagai Panitera Pengganti di PA Lubuk Basung dan Defni Syukra, Amd yang resign karena akan menikah dan ikut dengan suaminya ke Malaysia.

Mewakili pegawai yang pindah tugas (Drs. H. Anhar, MHI) dalam pesan dan kesannya menyampaikan rasa sedih dan haru untuk meninggalkan PA Bukittinggi ini. Kenapa tidak, ia merasa baru kemarin dilantik ± 1,4 tahun yang lalu sekarang sudah harus meninggalkan PA Bukittinggi, meninggalkan kampung halaman untuk mengabdi ketempat yang baru. Begitu juga dengan Asri, SHI semenjak menjadi honorer ± 15 tahun yang lalu sampai sekarang sudah menjadi Panitera Pengganti yang ditempatkan di PA Lubuk Basung, sudah amat banyak pengalaman yang dirasakan di PA Bukittinggi ini. Terlihat jelas betapa sedih dan harunya semua yang akan meninggalkan PA Bukittiinggi yang dicintai ini. Zulfa Ulin Nuha, sejak menjadi CPNS diakhir tahun 2015 yang lalu dan ditempatkan di PA Bukittinggi dari daerah asalnya Jawa Tengah, Malang. Ia merasa PA Bukittinggi adalah rumah keduanya, karena hubungan yang baik dengan semua, keluarga besar PA Bukittinggi telah seperti keluarga baginya. Juga Adef, panggilan Defni Syukra, Amd sehari-harinya, ia merasakan rasa yang berkecamuk, walau disatu sisi rasa bahagia akan melangsungkan perkawinan, namun disisi lain dengan berpisah dengan sahabat dan teman-teman di PA Bukittinggi yang sudah seperti keluarga sangatlah berat rasanya. Begitulah ungkapan mereka pada hari perpisahan kemarin.

Dari Pegawai yang ditinggalkan H. Kastel Bahri, SH yang mewakili Pengadilan Agama Bukittinggi yang ditinggalkan dengan diawali berpantun menyampaikan pesan kepada satu persatu pegawai yang akan pindah tugas. Dimana intinya pesan itu adalah, walaupun berat rasanya meninggalkan dan ditinggalkan demi tugas suci kepada Negara, bapak-bapak dan ibuk-ibuk akan selalu kami doakan dan kami akan selalu mengenang semua jasa dan kebaikan yang ditinggalkan. “Semua disini sangat berat melepas kepergian Bapak dan ibuk, tidak sedikit kenangan kita selama melaksanakan aktifitas sehari-hari, berbagi ilmu dan berbagi tugas antara kita itu merupakan suatu ibadah dan amal yang bermanfaat untuk kita semua”, ungkapnya. “Mari kita selalu jaga hubungan sillaturahim ini dengan baik, dimana kita berada selalu member kabar dan saling mendoakan” , tambahnya.

Ketua, dalam sambutannya pada acara pelantikan hakim ini juga memberikan pesan kepada Hakim dan Pegawai yang pindah tugas dan resign. Ketua mengharapkan hal yang sama seperti apa yang disampaikan oleh H. Kastel Bahri tersebut. Dengan tidak kalah pak Kastel, ketua juga membacakan pantun sebagai pesan kepada pegawai yang pindah agar bekerjalah dan berbuatlah yang terbaik di tempat yang baru. “Bawalah yang baik-baik dari PA Bukittinggi dan seandainya ada yang kurang baik jangan dibawa ketempat tugas yang baru, tinggalkanlah yang tidak baik tersebut. Sekian lama kita bersama-sama berbaur tentunya ada salah dan khilaf, kami PA Bukittinggi telah lebih dulu memaafkan dan maafkalah juga kami seandainya ada kesalahan dan kekhilafan kepada ibu dan bapak”, tambah ketua. Diakhir sambutannya ketua berterima kasih kepada seluruh panitia yang terlibat dalam kegiatan ini karena acara berjalan rapi, tertib dan teratur dari awal sampai akhir.

Acara Pelantikan Hakim dan Lepas Tugas ini dikemas dengan berbagai penampilan seni suara, musik dan puisi ala PA Bukittinggi yang mengiringi acara pelantikan dan perpisahan. Ini tidak terlepas dari ide kreatif dari Ketua dan Wakil Ketua (Drs. Azwar, SH.,MEI).

Sekitar pukul 12.00 WIB acara pelantikan dan pelepasan pegawai pindah ini berakhir, itutup dengan doa yang dibacakan oleh Amrizal. S.Ag. Setelah shalat zuhur berjamaah, panitia mempersilahkan semua tamu mencicipi sajian yang telah dihidangkan sebagai pelepas rasa haus dan lapar setelah dari pagi mengikuti rangkaian acara ini. Seusai makan siang semua tamu dan Hakim yang dilantik melakukan temu ramah dan bincang-bincang bersama keluarga besar Pengadilan Agama yang hadir. Mudah-mudahan dengan bertambahnya hakim di Pengadilan Agama Bukittinggi ini selalu membawa berkah dan limpahan rahmat dari Allah SWT, Aamiin Ya Robbal’alamiin.(dq fordilag).


selamat tahun hijriah

JAM PELAYANAN PENGADILAN AGAMA BUKITTINGGI KELAS 1B

jadwal pelayanan1

Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas