#
Logo Pengadilan Agama Bukittinggi Kelas 1B

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Agama Bukittinggi Kelas 1B

Jl. Kusuma Bhakti, Gulai Bancah, Bukittinggi, Sumatera Barat, Indonesia, 26122

Telepon/Faksimili: (0752) 34659 Email: pa.bukittinggi@pta-padang.go.id

Logo Artikel

472 HALAL BIHALAL DAN PERPISAHAN PEJABAT YANG MUTASI DAN PROMOSI

Articles

Halal Bihalal dan Perpisahan Pejabat yang Mutasi dan Promosi

Halal Bihalal bersama keluarga Besar PA Bukittiinggi

Setelah pembacaan ayat suci Al-Qur'an oleh qori PA Bukittinggi, acara perpisahan dimulai dengan santapan rohani (ceramah Agama) oleh Al-Ustazd Drs. H. Gusmen Yefri (hakim PA Bukittinggi). Penceramah yang merupakan imam besar mesjid Mukhlisin, Manggis Kota Bukittinggi. Semua hadirin terlihat hanyut dalam susana karena untaian pesan yang disampaikan begitu terasa dan sesuai dengan realita yang ada di Pengadilan Agama Bukittinggi. Penceramah beberapa kali memberikan gambaran masalalu dizaman Rasulullah bagaimana kita sebagai umat bersikap, bertindak dan berprilaku dalam kehidupan sehari-hari khususnya sebagai abdi negara dalam rangka memberikan yang terbaik bagi institusi dimana kita bekerja. Ugeje (Ustazd Gusmen Jefri) panggilan beliau di PA Bukittinggi begitu mahir memberikan pesan-pesan agama dan hadirin terbuai dan hanyut dalam suasana. Semoga pesan-pesan hikmah tersebut menjadi motivasi dan dapat diimplemntasikan dalam kehidupan sehari-hari khususnya dalam aktifitas keseharian sebagai abdi negara dalam jabatan yang diemban di lembaga peradilan ini.

perpisahan1

Tausiah bersama Ustazd dalam Halal Bihalal sebelum acara perpisahan (foto2: tim IT PA Bukittinggi)

Perpisahan Dengan Wakil Ketua, Hakim, Sekretaris, panmud Gugatan dan Kasubag Kepegawaian dan Ortala

Bulan Juni 2019 ini begitu terasa betapa Pengadilan Agama Bukittinggi kehilangan beberapa keluarganya sesama aparatur pemerintah yang sama-sama mengabdi di PA Bukittinggi. Lima orang pergi meninggalkan PA Bukittinggi, ada yang mutasi dan ada juga yang dipromosikan kejabatan yang lebih tinggi. Satu persatu pejabat yang pindah memberikan kesan dan pesan selama mengabdi di PA Bukittinggi. Dimulai dari Wakil Ketua yang mengungkapkan begitu cepatnya waktu berlalu, "tujuh bulan delapan belas hari saya mengabdi disini masih banyak yang belum bisa saya penuhi, tugas dan harapan dari ibu ketua dan institusi dan saya meminta maaf atas keterbatasan yang ada", ungkap wakil ketua periode 2018-2019 ini. Selain itu, Ketua PA Curup ini mengucapkan terimakasih atas kerjasama yang baik selama menjadi Wakil Ketua di PA Bukittinggi. Kemudian satu persatu pejabat yang mutasi dan promosi memberikan ungkapan rasa yang sebenarnya mereka dan semua yang hadir tak mampu menahan rasa haru.

Semua merasakan betapa bangganya menjadi keluarga besar PA Bukittingggi, seperti yang disampaikan Drs. H. Palatua, MHI, "walaupun saya hanya lebih kurang tujuh bulan menjadi hakim disini, ini suatu kebanggaan bagi saya karna dalam riwayat pekerjaan saya nantinya pernah menjadi hakim dan bagian dari PA Bukittinggi", ungkapnya. Begitu juga dengan pejabat dan pegawai yang lainnya, Sekretaris (Hendri B, SHI lebih kurang tiga tahun mengabdi), Panmud Gugatan (H. Rahmad Mulyadi, SH) yang lebih panjang lagi pengabdiannya yaitu 14 tahun dan Adira Rahmiza, SHI lebih kurang tujuh tahun.

perpisahan

 Ketua PA Bukittinggi menyampaikan pesan dan harapan bagi untuk pejabat yang promosi dan mutasi (foto3: tim IT PA Bukittinggi)

Dari pihak Pengadilan Agama Bukittinggi, Wakil Ketua (Muhammad Razali, S.Ag.,SH.,MH) menyampaikan harapan dan pesan pada pejabat yang meninggalkan PA Bukittinggi. "Sebetulnya saya bingung mau menyampaikan apa, saya baru tiga minggu mengabdi di PA Bukittinggi, dengan pak Sarnidi saya sudah kenal lama sejak kami bersama-sama di Sumatera Utara. Pak Pala juga sudah lama namun dengan pak Sekretaris baru tadi pagi", ungkap Wakil ketua. Wakil ketua yakin dengan semua pejabat yang pindah mampu memberikan yang terbaik ditempat yang baru, waka mengajak agar semua tetap menjaga sillaturrahmi dimanapun kita berada.

Kemudian diakhir acara, ketua (Dra. Orba Susilawati, MHI) dalam sambutannya mengungkapkan promosi dan mutasi adalah hal biasa, kita mesti selalu bisa berdamai dengan hati dalam menjalankan tugas dimanapun berada. "Saya meminta maaf selama saya bersama bapak-bapak dan ibuk-ibu disiini mungkin ada kebijakan yang tidak pada tempatnya, kekhilafan dan kesalahan yang ada dan itu datang dari kita sebagai manusia dan kebenaran datangnya dari Allah SWT", ungkap ketua. "Bawalah yang baik-baik dari PA Bukittinggi dan tinggalkan yang tidak baik dan mari kita bersama-sama memberikan yang terbaik dimanapun kita berada", tambah ketua. Kemudian acara dilanjutkan dengan pemberian kenang-kenangan dari yang pindah tugas ke PA Bukittinggi dan sebaliknya. Acarapun berakhir saat adzan shalat ashar berkumandang, semoga acara pada hari ini memberi keberkahan baik bagi pejabat yang dimutasi maupun bagi Pengadilan Agama Bukittinggi.(dqfordilag)


Selamat Hari Raya

JAM PELAYANAN PENGADILAN AGAMA BUKITTINGGI

jadwal pelayanan1

Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas